Rabu, 15 Oktober 2014

Contoh Form penilaian kinerja guru olahraga

FORMAT PENILAIAN KINERJA  DALAM PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
( SKALA  0 – 4)
NAMA CALON GURU          :
MATA PELAJARAN              : PJOK
MATERI POKOK                   :
KELAS/SEMESTER                 : X/GANJIL
WAKTU                                  :
NO
PENAMPILAN GURU
NILAI
Kemampuan Membuka Pelajaran
1
Menarik perhatian peserta didik dan menanyakan kondisi kesehatan peserta didik.
1
2
3
4
2
Memberikan motivasi awal berupa permainan yang berkaitan dengan meteri belajar untuk membangkitkan semangat peserta didik untuk mengikuti pelajaran PJOK
1
2
3
4
3
Memberikan apersepsi (kaitan materi sebelumnya atau pengalaman peserta didik denga materi yang akan di sampaikan.
1
2
3
4
4
Menjelaskan pentingya materi pelajaran yang akan dipelajari
1
2
3
4
5
Menyampaiakan tujuan pembelajaran yang akan diberikan.
1
2
3
4
Sikap guru dalam proses pembelajaran
1
Kejelasan artikulasi suara.
1
2
3
4
2
Variasi gerakan badan tidak mengganggu perhatian peserta didik
1
2
3
4
3
Antusisiasme dalam penampilan mengajar
1
2
3
4
4
Mobilitas posisi mengajar ( mampu memberikan pendampingan kepada peserta didik yang memiliki motoric lambat tidak fokus ke peserta didik yang mempunyai motoric yang baik
1
2
3
4
Penguasaan bahan ajar ( meteri pelajaran)
1
Bahan ajar disajikan sesuai dengan langkah-langkah yang direnacakanan dalam RPP
1
2
3
4
2
Kejelasan dalam memjelaskan bahan ajar ( materi)
1
2
3
4
3
Kejelasan dalam memberikakan contoh teknik gerakan yang akan dilakukan
1
2
3
4
4
Memiliki wawasan dan kemampuan dalam menyampaikan bahan belajar
1
2
3
4
Kegiatan belajar mengajar
1
Kesesuaian metode dan materi yang disampaiakan
1
2
3
4
2
Penyajian bahan ajar sesuai dengan tujuan/indicator yang telah ditetapkan dari yang mudah kesulit
1
2
3
4
3
Mengakomodir setiap perbedaan kemampuan fisik peserta didik dan memiliki keterampilan dalam merespon pertanyaan peserta didik
1
2
3
4
4
Ketepatan dalam penggunaan alokasi waktu yang disediakan
1
2
3
4
Kemampuan menggunakan media/alat pembelajaran.
1
Memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan media/alat ( sesuai dengan kemapuan peserta didik, aman untuk digunakan dsb)
1
2
3
4
2
Mampu memodifikasi alat dalam pembelajaran (sesuai dengan kemapuan peserta didik, aman untuk digunakan dsb)
1
2
3
4
3
Ketepatan/kesesuaian penggunaan media/alat dengan materi yang disampaikan
1
2
3
4
4
Memiliki keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran
1
2
3
4
5
Memberikan perhatian terhadap perbedaan kondisi fisik peserta didik dalam penggunaan media.
1
2
3
4
Kegiatan variasi pembelajaran
1
Gerak bebas guru ( tidak hanya berdiri di satu tempat
1
2
3
4
2
Isyarat guru (sempritan, tangan, dsb)
1
2
3
4
3
Pemusatan perhatian pada peserta didik
1
2
3
4
4
Pola interkasi  (guru-kelompok/guru-murid/murid-murid)
1
2
3
4






Evaluasi pembelajaran
1
Penilaian relevan dengan tujuan yang ditetapkan
1
2
3
4
2
Menggunakan bentuk dan jenis ragam penilaian
1
2
3
4
3
Penilaian yang diberikan sesuai dengan RPP
1
2
3
4
Kemampuan menutup pembelajaran  
1
Kemapuan memberikan pendinginan / cooling down dengan tepat
1
2
3
4
2
Kemampuan menyimpulkan KBM dengan tepat
1
2
3
4
3
Kemampuan menggunakan kata-kata yang membesarkan hati peserta didik
1
2
3
4
4
Memberi kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan
1
2
3
4
5
Kemampuan memberikan evaluasi lisan maupun tulisan
1
2
3
4
6
Memberikan kesimpulan kegiatan pembelajaran
1
2
3
4
Keterampilan bertanya
1
Kejelasan pertanyaan yang disampaikan guru
1
2
3
4
2
Kejelasan hubungan antar pertanyaan guru dengan masalah yang dibicarakan
1
2
3
4
3
Pertanyaan di tujukan pada seluruh kelas lebih dahulu, kemudian menunjuk salah satu peserta didik
1
2
3
4
4
Pemberian waktu berfikir untuk bertanya dan menjawab
1
2
3
4
5
Pendistribusian pertanyaan secara merata di antara para peserta didik


1
2
3
4
Memberikan penguatan
1
Mengucapkan kata-kata benar, bagus, tepat dan bagus sekali kepada peserta didik yang menjawab/bertanyaan dan yang melakukan gerakan yang sesuai dengan teknik.
1
2
3
4
2
Mengucapkan kalimat teknikmu baik sekali saya senag dengan gerakan yang kau lakukan
1
2
3
4
3
Penguatan dengan cara mendekati
1
2
3
4
4
Penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan
1
2
3
4
Tindak lanjut/Follow up
1
Memberikan tugas kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok
1
2
3
4
2
Menginformasikan kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari berikutnya
1
2
3
4
3
Memberikan motivasi untuk terus belajar dan berlatih
1
2
3
4


X 100
 

NILAI
 
               SKOR PEROLEHAN 
               SKOR MAKSIMA




Sorowako,    Oktober 2014
Penilai





(……………………………………………………..)
B.N.









Catatan
NILAI 4 JIKA DILAKUKAN DENGA SANGAT BAIK
NILAI 3             JIKA DILAKUKAN DENGAN BAIK
NILAI 2             JIKA DILAKUKAN DENGAN CUKUP BAIK
NILAI 1             JIKA DILAKUKAN DENGAN KURANG BAIK
NILAI 0             JIKA TIDAK DILAKUKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar